085715009876
bengkel TUSS
021-7376533
bengkel TUSS cara irit bbm solusi irit bbm

Frequently Ask Questions

Apa yang dimaksud dengan Tune Up Semisport©?

paten TUSS

Tune Up Semisport© (disingkat TUSS) itu bukan utk kencang, bukan utk irit, bukan utk degradasi bbm, bukan untuk menyembuhkan ngelitik, bukan utk lolos uji emisi. TUSS itu hanya meningkatkan efisiensi pembakaran, apabila pembakaran baik maka malah banyak manfaat yg akan dihasilkan
TUSS melakukan pembenahan di bagian cylinder head dengan formula tertentu, HAK PATEN Tune Up Semisport© hanya dimiliki oleh Provisautolab sebagai inventornya.

TUSS dapat diterapkan di mesin dengan sistem pembakaran 4 langkah, yaitu di mesin karburator, injection, direct injection (commonrail direct injection); di mesin n/a, supercharged (kompresor), turbocharged; di mesin in-line, V, W, boxer; di mesin bensin dan mesin diesel.

Perbandingan kompresi tidak diubah, tetap sama dengan bawaan mobil.

Setelah TUSS lakukan perawatan reguler dengan stelan standar serta hal2 lain yang dibutuhkan seperti misalnya perawatan sistem pelumasan, sistem pasokan bahan bakar dan sistem pendinginan, ini sama persis seperti mobil non TUSS, bisa di bengkel resmi, bisa di bengkel lain, bisa di Provisautolab.

Tidak ada kabel yang dipotong, tanpa alat, tampilan mesin standar, tidak error saat discan, tidak terdeteksi saat melanjutkan servis di bengkel resmi. Itu sebabnya cukup banyak mobil2 gres dan low km yang dilakukan TUSS. Stelan TUSS (dan OptiK) tidak berubah selama cylinder head tidak dibuka.

Provisautolab sudah mengetahui secara pasti bagaimana menerapkan rumusan TUSS termasuk di mobil2 terkini, jadi bukan men-duga2.

Setelah TUSS tidaklah harus degradasi bbm.

Mengapa setelah TUSS mobil menjadi lebih bertenaga?

Wuling Confero

Setelah TUSS bacaan ecu akan bergeser seiring dengan data dari sensor2 yang ada seperti sensor oksigen, sensor pedal gas, knock sensor, airflow sensor dll, lalu ecu akan menyesuaikan antara lain timing pengapian, timing buka tutup klep, start dan durasi semburan bbm, jumlah semburan bbm, boost turbo dll.

Itu sebabnya setelah TUSS mobil menjadi lebih bertenaga.

Semua ini adalah secara natural, ECU TETAP SINKRON DENGAN MESINNYA KARENA MAP2 DI DALAM ECU TIDAK ADA YANG DIUBAH

Apa saja manfaat dari TUSS?

manfaat TUSS

Manfaat TUSS ada banyak, ini karena ditingkatkan efisiensi pembakarannya, jadi berbeda dengan alat ataupun metode lain yang sengaja dibikin bertenaga atau sengaja dibikin irit ataupun hal yang lainnya.


- mobil yang lemot di tarikan awal termasuk untuk mobil2 dengan transmisi cvt
- mobil yang loyo di tanjakan
- mobil yang konsumsi bbmnya tidak wajar
- mobil yang ngelitik akut
- mengurangi turbolag di mobil2 dengan turbocharged
- mobil yang asapnya bau dan tidak lolos uji emisi
- suara mesin kasar
- getaran mesin yang berlebihan
- dll

Apa yang dimaksud dengan Optimalisasi Klep (disingkat OptiK)?
Apa perbedaan TUSS dengan OptiK?

OptiK

Valve lifter adalah salah satu metode penyetelan celah klep, valve lifter ini bisa dibilang tidak presisi saat di pabrik dan sulit dilakukan penyetelannya, sehingga pemilik mobil hanya terima nasib saat membeli mobil.
OptiK adalah penyetelan celah klep bagi mobil2 yang mempergunakan valve lifter (dan shim klep). TUSS akan meningkatkan efisiensi pembakaran mesin secara signifikan dan sebaiknya didukung dengan OptiK yang akan membuat celah klep menjadi rata sesuai rancangan pabrik.
Melakukan TUSS dilanjut dengan OptiK akan membuat semakin terasa perbedaan mobil standar keluaran pabrik dengan yang sudah dibenahi di Provisautolab, semuanya dengan stelan standar. Pada saat akan melakukan OptiK, apabila celah klepnya sudah bagus, tidak kami lakukan OptiK lagi dan tidak perlu membayar biaya OptiK nya.

Dari mana dapat dilihat bahwa pembakaran menjadi lebih sempurna?

foto knalpot

Foto kiri adalah kerak mesin mobil dual vvti odometer 23rb km diisi bbm oktan tinggi, foto kanan adalah kerak mesin Nissan Xtrail setelah 3 tahun TUSS diisi bbm oktan rendah.






Bisa dilihat hasil pembakaran yang sempurna, Mercedes Benz E280, V6 engine, 3000cc, TUSS selama 2.5 tahun selalu diisi premium.

Apakah TUSS hanya bisa dilakukan untuk mesin mobil?

Truk Delta

Tune Up Semisport© bisa dilakukan untuk semua mesin dengan konfigurasi 4 langkah, bensin atau diesel, injection atau karburator, turbo atau non turbo, tidak hanya untuk mesin mobil dan mesin sepeda motor, tapi juga termasuk truk dan bus dll.

Truk Daihatsu Delta ini tadinya hanya bisa mengangkut muatan seberat 2 ton, setelah TUSS bisa mengangkut hingga 3 ton lebih dan ngacir di tanjakan Cipularang.

Apa saja komponen2 lain yang sering menjadi kendala?

pompa bensin kotor

Berikut adalah pengalaman kami, hal2 apa saja yang kadang bisa menjadi kendala:



- nozzle injector kurang mengabut
- pompa bensin kotor / lemah, tangki bbm kotor
- knock sensor lemah
- sensor EGR kotor / lemah
- sensor2 lainnya lemah / rusak
- grounding body dan kabel2 mesin sudah usang
- catalytic converter mampet atau knalpot sudah rusak
- transmisi matic yang lemot, oli transmisi kotor tidak pernah diflush, CVT yang selip
- penambahan alat lain yang malah membuat perbandingan udara dan bahan bakar jadi kurang sesuai
- ecu sudah tidak standar
- cara mengendarai juga memegang peranan penting, cobalah memanfaatkan torsi yang sudah besar di rpm rendah

Ini adalah contoh pompa bensin yang kotor.

Mengapa Provisautolab tidak memberikan garansi seberapa hemat konsumsi bbm?

Odometer Toyota Camry 32 km

Banyak hal yang bisa mempengaruhi seberapa irit bbm, salah satunya adalah karena komponen mesin yang lainnya bisa kurang mendukung, semua komponen2 mesin dibuat tidaklah 100% presisi, namun dengan mempergunakan metode toleransi dan bisa terjadi 1 unit mobil tertentu mendapatkan komponen yang kurang presisi.
Dengan demikian, apabila ada 2 unit mobil yang persis sama dilakukan TUSS, belum tentu hasil yang persis sama akan diperoleh. Hal ini juga terjadi saat kita membeli 2 unit mobil baru yang persis sama, bisa terjadi satu sama lain berbeda tingkat performa dan keiritannya.
Gambar ini adalah illustrasi dimana bagian cylinder head, klep dan ruang bakar adalah komponen yang disetting ulang saat TUSS (dan OptiK), dan ini banyak berpengaruh untuk peningkatan efisiensi pembakaran. Namun bisa terjadi ada komponen lain yang tidak / kurang mendukung sehingga hambatan (bottle neck) yang terjadi ada di komponen lain tersebut.

Apa saja yang perlu dilakukan setelah pengerjaan Tune Up Semisport© ?

suasana Provis

Setelah TUSS lakukan perawatan sama persis seperti mobil non TUSS, yaitu tidak hanya perawatan berkala, namun juga pengecekan dan perawatan komponen2 lain seperti misalnya kinerja sistem pendinginan, sistem pasokan bahan bakar, sistem pelumasan dan kinerja transmisi.