085715009876
bengkel TUSS
021-7376533, 7372883
bengkel TUSS cara irit bbm solusi irit bbm

Frequently Ask Questions

Apa yang dimaksud dengan Tune Up Semisport©?

paten TUSS

Tune Up Semisport© (aka #tuneprovis) adalah produk inovasi dari #provisautolab yang sudah banyak dinikmati oleh para pelanggan #provisautolab.
#tuneprovis mempunyai efek peningkatan efisiensi pembakaran yang signifikan sehingga banyak manfaat positip yang bisa diperoleh.
#tuneprovis melakukan pembenahan di bagian cylinder head dengan formula tertentu, HAK PATEN Tune Up Semisport© hanya dimiliki oleh #provisautolab sebagai inventornya.

Pabrikan mobil pada umumnya melakukan R&D untuk meningkatkan efisiensi pembakaran di area cylinder head, misalnya dengan membuat dual vvti, bukaan klep variabel, turbo dll, bagian blok mesin bisa dibilang tidak bisa memberikan kontribusi peningkatan efisiensi pembakaran yang berarti.
Jangan sembarangan melakukan perubahan di area cylinder head atau mempercayakan kepada yang tidak paham, karena ada resiko malah harus mengganti cylinder head dan komponen lain karena salah pengerjaan. Apalagi apabila pengerjaan perubahan dilakukan oleh pihak lain atau dioutsource.
Semua proses #tuneprovis dilakukan in house, sejak buka pasang cylinder head hingga ke pemasangan ulang untuk memastikan pengerjaan yang paling tepat untuk setiap mobil yang dikerjakan, #provisautolab tidak pernah melakukan outsource pekerjaan #tuneprovis ke pihak lain, semua adalah satu tangan yaitu di #provisautolab.


#tuneprovis tidak menyebabkan efek negatip, karena itu semakin banyak mobil2 gres yang langsung mengerjakan #tuneprovis datang dari dealer, #tuneprovis dilakukan sambil menunggu plat no.
Setelah #tuneprovis lakukan tune up rutin dengan stelan standar, bisa di bengkel resmi, bisa di bengkel lain, bisa di #provisautolab. Stelan #tuneprovis tidak terdeteksi saat discan, tampilan mesin dan stelan standar. Perbandingan kompresi tidak dirubah saat #tuneprovis. Stelan #tuneprovis (dan #optik) tidak berubah selama cylinder head tidak dibuka.
Cukup banyak pelanggan yang melaporkan bahwa mobil jadi hemat bbm, tenaga bagus, kwalitas gas buang bagus, suara mesin yang halus dll. Bahkan ada pelanggan melaporkan bahwa dia diberi ucapan selamat oleh kepala bengkel resmi "selamat ya pak, mesinnya istimewa, gak akan dapat mesin begini lagi" dan ada juga pelanggan yang melaporkan pada saat dijual bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi.

Apakah Tune Up Semisport© merubah perbandingan kompresi?

Vellfire gres

Tidak. Perbandingan kompresi tidak dirubah, tidak menjadi lebih besar dan tidak menjadi lebih kecil. Perbandingan kompresi adalah sesuai dengan rancangan pabrik. Kami tetap mempergunakan paking cylinder head standar, volume ruang bakar juga tidak diperbesar atau diperkecil.
Bengkel2 yang melakukan modifikasi untuk balap biasanya akan meningkatkan perbandingan kompresi, ini memang biasa dilakukan untuk keperluan balap.
Untuk pemakaian harian sebaiknya perbandingan kompresi tetap mengikuti yang standar, karena bila dikurangi akan berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan dan bila ditingkatkan maka mesin akan cenderung lebih panas dan cenderung ngelitik serta komponen mesin lebh dipaksakan saat bekerja. Merubah perbandingan kompresi juga akan membuat mesin jadi berbeda dengan standar rancangan pabrik yang mana belum tentu sesuai dengan ECU nya dan merubah ini tidak menunjang mobil jadi hemat bbm.
Di sini uniknya #tuneprovis, perbandingan kompresi standar namun tenaga mesin naik dan bisa degradasi bbm (kecuali mesin2 turbo, kompresor dan yang perbandingan kompresi terlalu tinggi, belum tentu bisa degradasi bbm)

Setelah melakukan #tuneprovis, masih akan terjadi timbunan kerak di ruang bakar namun tidak sebanyak sebelumnya. Untuk itu saat memungkinkan, di tol sekali-sekali lakukan pemakaian di rpm agak tinggi dengan gigi lebih rendah dan pedal gas tidak usah ditekan terlalu dalam untuk membuang kerak yang ada.

Ini adalah Toyota Alphard Vellfire dual vvti gres, #tuneprovis saat belum ada plat no. #tuneprovis dilakukan sambil menunggu plat no selesai.

Apa beda Tune Up Semisport© dengan apa yang dikenal sebagai porting polish?

top speed Nissan March TUSS

Efek #tuneprovis berbeda jauh dengan efek porting polish, dimana metode porting polish itu adalah memperbesar saluran masuk dan saluran keluar (yang sering disebut diperbesar 1 mm) dan dibuang kulit jeruknya. Porting polish akan mendapatkan peningkatan tenaga di rpm tinggi sehingga lebih cocok untuk keperluan balap dimana pedal gas banyak ditekan sampai habis. Ini berbeda jauh dengan #tuneprovis yang akan memperoleh tenaga dan torsi di rpm rendah, mobil dengan kapasitas 1000cc konfigurasi 3 cylinder akan bisa berjalan mempergunakan gigi 4 di sekitar 800-1000 rpm tanpa menginjak pedal gas maupun pedal kopling. #tuneprovis cocok untuk pemakaian harian dengan tetap mendapatkan performa di rpm tinggi yang cukup jauh berbeda dibanding mobil dengan mesin standar.
Hak paten #tuneprovis yang hanya dimiliki oleh #provisautolab membuktikan bahwa yang #tuneprovis itu berbeda dengan porting polish, bila sama tentunya tidak bisa mendapatkan hak paten mengingat porting polish sudah menjadi rahasia umum. Stelan #tuneprovis (dan #optik) tidak berubah selama cylinder head tidak dibuka.
Perlu diketahui juga, melakukan porting polish sembarangan bisa mengakibatkan tenaga ngempos di rpm rendah. Porting polish biasanya dikombinasi dengan melakukan pemapasan cylinder head sehingga perbandingan kompresi menjadi lebih tinggi.

Foto ini adalah top speed Nissan March A/T, 1200cc, 3 cylinder, a/c on, diisi premium.

Apa saja manfaat Tune Up Semisport©?

bengkel bintaro

Banyak manfaat #tuneprovis yang diperoleh, yaitu:
- efisiensi pembakaran mesin meningkat signifikan
- emisi gas buang yang rendah, kwalitas gas buang bagus mendekati sempurna atau malah sempurna
- suara mesin halus, banyak yang menyalakan mesinnya lagi yang sebetulnya sudah nyala, suara mesin halus pertanda pembakaran yang bagus
- torsi meningkat tajam terutama di rpm rendah
- bisa degradasi oktan bbm (termasuk mobil2 Eropa seperti BMW dan Mercedes Benz), kecuali mobil2 dengan turbo, kompresor atau perbandingan kompresi terlalu tinggi, belum tentu bisa degradasi oktan
- tanjakan jauh bertenaga
- sudah banyak bukti mobil2 yang bermasalah akut ngelitik, bisa disembuhkan
- getaran mesin sedikit
- akselerasi ringan
- mendukung penerapan eco-drive sehingga menjadikan mobil hemat bbm dan bisa menjadi solusi mobil hemat bbm secara signifikan hingga 30-50% walau dengan degradasi oktan bbm
- power band lebar, dari rpm rendah hingga tinggi, tidak usah lagi ancang2 yang berlebihan saat mau menanjak / menyalip
- menjadi nyaman saat mengemudi dan tidak capek mengendarai jarak jauh

Apa yang dimaksud dengan Optimalisasi Klep (aka #optik)?
Apa perbedaan Tune Up Semisport© dengan #optik?

Figure Valve Lifter

Valve lifter adalah salah satu metode penyetelan celah klep yang hingga kini masih banyak diadopsi oleh pabrikan mobil. Valve lifter ini bisa dibilang tidak bisa presisi saat di pabrik dan sulit dilakukan penyetelannya, sehingga pemilik mobil hanya terima nasib saat membeli mobil.
Dengan #optik, celah-celah klep ini diatur ulang satu persatu sehingga lebih presisi. Tingkat ketelitian pabrik di area valve lifter biasanya per 0.02 mm, Provis® pernah menemukan yang selisih hingga 0.13 mm, dengan #optik diusahakan hingga per 0.01 – 0.02 mm. #tuneprovis akan meningkatkan efisiensi pembakaran mesin secara signifikan dan sebaiknya didukung dengan #optik yang akan membuat celah klep menjadi rata sesuai rancangan pabrik. Dengan #tuneprovis bisa degradasi oktan bbm (kecuali mobil-mobil dengan perbandingan kompresi terlalu tinggi termasuk kompresor dan turbo belum tentu bisa konsumsi bbm dengan oktan lebih rendah) sedangkan #optik tidak bisa.
Melakukan #tuneprovis dilanjut dengan #optik akan membuat semakin terasa perbedaan mobil standar keluaran pabrik dengan yang sudah dibenahi di #provisautolab, semuanya dengan stelan standar. Dari pengalaman kami hanya sekitar 2-3% dari populasi mobil (yang bisa dilakukan #optik), yang celah klepnya sudah bagus. Pada saat akan melakukan #optik, apabila celah klepnya sudah bagus, tidak kami lakukan #optik lagi dan tidak perlu membayar biaya #optik nya.
#optik bisa saja dilakukan tanpa melakukan #tuneprovis, biasanya ini dilakukan apabila celah klep bawaan pabrik selisihnya jauh, peserta kontes audio mobil juga sering melakukan #optik di Toyota Innova Diesel agar bisa menambah hasil penilaian juri saat kontes audio, sudah beberapa mobil peserta kontes audio yang terbantu oleh #optik.
Stelan valve yang rata akan menunjang menjadikan mobil hemat bbm.

Bagaimana dengan hasil pengukuran kwalitas gas buang dan AFR (Air Fuel Ratio) ?

gas buang S350

Ini adalah hasil pengujian gas buang Mercedes Benz S350, 3500cc mesin V6, #tuneprovis, diisi PREMIUM. Dapat dilihat bahwa kwalitas gas buang yang dihasilkan jauh dibawah ambang batas.
Begitu juga angka lambda yang menunjukkan angka 1, membuktikan bahwa Air Fuel Ratio (AFR) ideal dapat dicapai yaitu 14.7 udara dengan 1 bagian bahan bakar. Dapat dikatakan seluruh bahan bakar dapat terbakar menjadi energi sehingga mobil menjadi lebih irit bbm.






















Gambar di sebelah kiri adalah hasil pengukuran gas buang Toyota Innova sebelum #tuneprovis diisi pertamax, di sebelah kanan setelah #tuneprovis diisi premium

kadar CO 0.19% --> 0%
kadar HC 66 ppm --> 2 ppm
CO2 14% --> 12.2%
O2 0.44% --> 0.17 %
Lambda 1.011 --> 1.009








Ini adalah hasil pengujian emisi gas buang BMW 523i E39 setelah #tuneprovis diisi premium, kadar HC dan CO jauh di bawah ambang batas. Menjadi hemat bbm yaitu 1:9.8 rute dalkot, M/T

Mengapa Tune Up Semisport© mendukung green solution?

Innova Diesel

Tune Up Semisport© mendukung green solution karena:
- mobil menjadi hemat bbm (kami tidak garansi seberapa hemat bbm-nya)
- emisi gas buang menjadi amat rendah, kwalitas gas buang menjadi jauh lebih baik
- umur mesin menjadi lebih panjang (karena tidak lagi membutuhkan rpm tinggi untuk pemakaian sehari-hari)
- umur kopling menjadi lebih panjang (untuk mobil dengan transmisi manual karena tidak perlu sering-sering pindah gigi persneling)
- jangka pakai oli mesin menjadi lebih lama karena dengan penerapan eco-drive mobil menjadi lebih sering dipakai dengan rpm rendah
- catalytic converter menjadi lebih awet karena kwalitas gas buang yang baik
- engine mounting awet karena getaran mesin yang berkurang cukup banyak

Ini adalah Toyota Innova Diesel A/T, #tuneprovis dan #optik, pemakaian harian banyak melalui tol jorr TB Simatupang yang macet, pemakaian 430 km jarum bbm di 1/4, mobil hemat jauh dari sebelumnya, pemilik om Agus

Apakah Tune Up Semisport© hanya bisa dilakukan untuk mesin mobil?

Truk Delta

Tune Up Semisport© bisa dilakukan untuk semua mesin dengan konfigurasi 4 langkah, bensin atau diesel, injection atau karburator, tidak hanya untuk mesin mobil dan mesin sepeda motor, termasuk genset, truk dan bus, mesin2 pabrik dan mesin2 kapal.

Truk Delta ini tadinya hanya bisa mengangkut muatan seberat 2 ton, setelah #tuneprovis bisa mengangkut hingga 3 ton lebih dan ngacir di tanjakan Cipularang.
Pemilik om Sihaan.

Dari mana dapat dilihat bahwa pembakaran menjadi lebih sempurna?

foto knalpot

Dari foto knalpot terlampir, dapat dibandingkan BMW 520i yang baru berusia 3 bulan (tidak jelas diisi apa) dengan 325i yang sudah melakukan #tuneprovis selama 6 bulan dan diisi premium.











Foto kiri adalah kerak mesin mobil dual vvti odometer 23rb km diisi bbm oktan tinggi, foto kanan adalah kerak mesin Nissan Xtrail setelah 3 tahun #tuneprovis diisi bbm oktan rendah, mobil hemat bahan bakar significant.






Bisa dilihat hasil pembakaran yang sempurna, Mercedes Benz E280, V6 engine, 3000cc, #tuneprovis selama 2.5 tahun selalu diisi premium.

Mengapa #provisautolab tidak memberikan garansi seberapa hemat konsumsi bbm?

Odometer Toyota Camry 32 km

Banyak hal yang bisa mempengaruhi seberapa irit bbm, salah satunya adalah karena komponen mesin yang lainnya bisa kurang mendukung, semua komponen2 mesin dibuat tidaklah 100% presisi, namun dengan mempergunakan metode toleransi dan bisa terjadi 1 unit mobil tertentu mendapatkan komponen yang kurang presisi.
Dengan demikian, apabila ada 2 unit mobil yang persis sama dilakukan #tuneprovis, belum tentu hasil yang persis sama akan diperoleh. Hal ini juga terjadi saat kita membeli 2 unit mobil baru yang persis sama, bisa terjadi satu sama lain berbeda tingkat performa dan keiritannya.
Gambar ini adalah illustrasi dimana bagian cylinder head, klep dan ruang bakar adalah komponen yang disetting ulang saat #tuneprovis (dan #optik), dan ini banyak berpengaruh untuk peningkatan efisiensi pembakaran. Namun bisa terjadi ada komponen lain yang tidak / kurang mendukung sehingga hambatan (bottle neck) yang terjadi ada di komponen lain tersebut.

Apa saja komponen2 lain yang sering menjadi kendala?

pompa bensin kotor

Berikut adalah pengalaman kami, hal2 apa saja yang kadang bisa menjadi kendala:



- nozzle injector kurang mengabut
- pompa bensin kotor / lemah, tangki bbm kotor
- knock sensor lemah
- sensor EGR kotor / lemah
- sensor2 lainnya lemah / rusak
- gounding body dan kabel2 mesin sudah usang
- catalytic converter mampet atau knalpot sudah rusak
- transmisi matic yang lemot, oli transmisi kotor tidak pernah diflush, CVT yang selip
- penambahan alat lain yang malah membuat perbandingan udara dan bahan bakar jadi kurang sesuai
- cara mengendarai juga memegang peranan penting, cobalah memanfaatkan torsi yang sudah besar di rpm rendah

Ini adalah contoh pompa bensin yang kotor.

Apa saja yang perlu dilakukan setelah pengerjaan Tune Up Semisport© ?

suasana Provis

Karena stelan mesin tetap standar lakukan pemeliharaan mesin seperti mesin standar antara lain:

- pergunakan oli mesin kwalitas yang baik dan ganti secara teratur mengingat mesin menjadi lebih mudah mencapai rpm tinggi
- lakukan tune up berkala, bila sesuai pedoman pabrikan adalah setiap 10,000 km, namun mengingat kondisi jalan yang macet dan saat berhenti mesin tetap nyala, sebaiknya tune up berkala dilakukan dengan periode yang lebih cepat atau bila terasa ada yang kurang normal
- saat memungkinkan, sekali2 di tol pergunakan mobil dengan gigi persneling agak rendah dan dengan rpm cukup tinggi yaitu dengan pedal gas ditahan tidak terlalu dalam, ini untuk membuang kerak2 di dalam ruang bakar yang ada (setelah #tuneprovis kerak yang ada tidak sebanyak mobil yang belum dilakukan #tuneprovis)
- servis nozzle injector secara berkala
- kuras tangki bahan bakar dan bersihkan pompa bahan bakar secara berkala
- ganti oli transmisi matic dan sekali2 lakukan flush oli matic
- untuk mobil2 yang ada fitur eco mode, boleh coba dibandingkan antara eco mode off dan eco mode on, bisa terjadi akan lebih hemat di eco mode off mengingat pedal gas tidak perlu diinjak dalam2 sudah meluncur

#tuneprovis tidak mempergunakan alat ataupun aditif apapun, jadi mesinnya yang dibikin sehat. #tuneprovis tidak merubah stelan ECU.
Bila ingin mendapatkan performa lebih bisa saja menambahkan alat-alat lainnya untuk mendapatkan performa lebih banyak lagi.
Berdasarkan pengalaman kami, sebaiknya #tuneprovis tidak dikombinasi dengan knalpot free-flow, kadang bisa menyebabkan ngempos di kecepatan tinggi.

Akselerasi Mercedes Benz CLS400 (3000cc, V6, bi-turbo, direct injection, setelah #tuneprovis)
Konsumsi bbm yang menjadi hemat, jagorawi - exit tol tanah kusir (veteran) 1:13.7

Setelah melakukan Tune Up Semisport© apakah bisa tetap mempergunakan bbm oktan tinggi?

Mercedes E300 isi premium

Bisa.
Namun sebaiknya tidak sering2 pindah oktan bbm mengingat ECU akan butuh waktu untuk mempelajari efisiensi pembakaran (self learning). Self learning ini bisa membutuhkan jarak hingga 2000 km.
Setelah #tuneprovis diisi premium / bio solar, belum tentu ada bedanya lagi dengan bila diisi pertamax plus / dex.

Ini adalah Mercedes Benz W212, E300, 3000cc, V6 #tuneprovis:
Oktan bahan bakar distel ke stelan paling tinggi yaitu oktan number 93, distel mempergunakan scanner khusus untuk Mercedes Benz. Karena distel ke oktan tinggi maka ecu akan memajukan timing pengapian sehingga akselerasi menjadi lebih cepat, dan saat diujicoba diisi bahan bakar premium dengan oktan 88, tidak ada ngelitik. Hasil scan di bagian mesin bersih, tidak ada error sama sekali.

Mengapa saat Tune Up Semisport© tidak dilakukan dyno test?

alat dyno

Pengerjaan #tuneprovis tidaklah membutuhkan alat dyno, efek #tuneprovis juga lebih banyak dapat dirasakan di rpm rendah sedangkan pengukuran dyno lebih banyak dengan pedal gas penuh.
Peningkatan tenaga yang besar di rpm rendah ini yang menunjang bisa didapatkan hemat bbm yang significant.

Namun ada juga beberapa customer Provis yang penasaran lalu melakukan dyno sendiri.

Apakah semua mobil yang di Tune Up Semisport© pasti akan menjadi lebih hemat bbm?

Toyota Innova Diesel hemat bbm

Tune Up Semisport© (dan #optik) akan membuat pembakaran di ruang bakar menjadi sempurna atau mendekati sempurna, ini bisa diketahui dengan suara mesin yang halus, tidak ngelitik, getaran mesin yang minim, akselerasi meningkat cukup significant walaupun dengan degradasi oktan bbm, namun konsumsi bbm tidak langsung akan menjadi lebih irit.

Hal ini bisa diilustrasikan sebagai berikut:
- beli hape android, perlu adaptasi cara mengetik agar lancar dan tidak salah2
- baterai harus dicharge secara berkala dan sekali2 perlu dilakukan memory cleaning
- menginstall aplikasi lain seperti whatsapp akan membuat pemakaian hape menjadi lebih efektif

- setelah #tuneprovis (dan #optik), kemungkinan perlu adaptasi cara mengemudi, bagaimana caranya memanfaatkan torsi yang sudah besar agar mobil jadi hemat bahan bakar (misalnya saat macet cukup lepas kopling tanpa injak pedal gas untuk transmisi manual, dan cukup lepas pedal rem untuk transmisi automatic biarkan torsi mesin yang bekerja)
- perlu dilakukan tune up secara berkala
- menambah alat lain seperti kabel ground kwalitas baik, akan menambah performa dan manambah lebih irit lagi, mengingat setelah Tune Up Semisport© bottle neck tidak lagi di pembakaran namun di komponen lain seperti di kelistrikan, namun ada alat2 yang bila ditambahkan, hanya akan menambah efek sedikit, malah ada yang sudah tidak mempunyai efek lagi

Sebagai contoh, setelah #tuneprovis dan diisi bbm oktan rendah, sebaiknya tidak mempergunakan busi iridium, mempergunakan busi non iridium bisa membuat tenaga lebih meningkat begitu juga konsumsi bbm bisa beda cukup lumayan.

Untuk mobil yang sudah diremap, biasanya knalpot tidak bisa kering seperti mobil yang tidak diremap karena kandungan bahan bakar mnenjadi terlalu kaya dengan diremap, konsumsi bbmnya juga akan lebih boros.

Mempergunakan velg dan ban ukuran besar, bisa membuat tenaga berkurang dan konsumsi bbm kurang irit, jarak tempuh dan konsumsi bbm di indikator juga akan berbeda dengan yang real.

Setelah #tuneprovis sebaiknya tidak sering2 ganti bbm, mengingat ECU (engine control unit) harus adaptasi lagi dengan oktan bbm yang baru, adaptasi ini kadang butuh hingga 2000 km.


Ini adalah Toyota Innova Diesel A/T 2016, odometer 74 km, #tuneprovis langsung dari dealer:
- Sampai hari ini masih ter-heran2 dgn innova saya, irit dan kencang
- Jkt - Bandung gas poll termasuk dalkot macet (konsumsi bbm 1:14.2)
- Kalau tadi pagi edisi gas poll, malam ini edisi jempol emas (Bandung - Jkt konsumsi bbm 1:25.4)
Kondisi macet dalkot selalu bisa didapat paling tidak 1:10
Pemilik: Bpk Junius